Sabtu, 22 Desember 2018

4 film luar biasa dari seluruh dunia yang belum Anda ketahui


Mereka adalah mahakarya yang menunggu untuk ditemukan. Menyaksikan film-film ini bagai sebuah perjalanan untuk memahami dunia.
Daftar film berbahasa asing BBC Culture mencakup film-film dari 66 negara yang berbeda. Mau tidak mau, beberapa negara itu lebih baik dari yang lain. Beberapa tidak memiliki lebih dari satu atau dua film dalam daftar, tetapi itu tidak berarti mereka bukan mahakarya.
Itu berarti bahwa mereka adalah mahakarya yang menunggu untuk ditemukan. Ini daftar dua belas film luar biasa dari seluruh dunia yang belum Anda ketahui

Black Orpheus (1959), Marcel Camus - Brazil


Film ini mendaur ulang mitos Orpheus dan Eurydice dengan latar belakang daerah kumuh di Rio de Janeiro selama Karnaval. Tragedi Marcel Camus yang memukau dan mempesona ini memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes pada tahun 1959, dan memenangkan Oscar, Bafta, dan Golden Globe untuk film berbahasa asing terbaik.
Lebih penting lagi, film ini memperkenalkan irama samba Antônio Carlos Jobim dan Luiz Bonfá kepada penonton baru. Tapi film ini juga problematik.
Dalam memoar Barack Obama, Dreams from My Father, ia mencatat bahwa meski ibunya menyukai film itu, dia terpukul dengan "penggambaran… anak-anak kulit hitam… refleksi dari fantasi sederhana yang dilarang untuk seorang gadis kulit putih kelas menengah dari Kansas ".

I Am Cuba (1964), Mikhail Kalatozov - Kuba

Dibuat pada tahun 1964 tetapi jarang terlihat sampai akhirnya direstorasi pada tahun 1995, film propaganda hipnosis karya Mikhail Kalatozov ini menggambarkan kehidupan Kuba sebelum penggulingan rezim Batista.
Film ini dibuka dengan sketsa yang bisa menjadi bagian pendamping untuk La Dolce Vita: turis yang bergelimang uang menikmati pesta kolam renang di atap sementara penduduk pribumi tenggelam ke dalam kemiskinan.
Tiga bagian lebih lanjut menunjukkan keputusasaan seorang petani gula, seorang mahasiswa revolusioner yang menjadi martir, dan radikalisasi seorang petani: Anda dapat mengatakan bahwa film itu adalah produksi bersama Soviet.
Namun, film hitam-putih yang cantik membawa I Am Cuba (atau Soy Cuba) jauh di atas dan di luar politik. "Menonton ini," kata Martin Scorsese, "Saya sangat bersemangat untuk membuat film lagi."

The Firemen's Ball (1967), Miloš Forman - Cekoslowakia


Miloš Forman, yang meninggal tahun ini, terkenal karena film Amadeus dan One Flew Over the Cuckoo's Nest yang memenangkan Oscar. Tapi sesaat sebelum dia berimigrasi dari Cekoslowakia ke AS, dia membuat The Firemen's Ball, dengan syuting di sebuah kota kecil provinsi dengan sekelompok penduduk setempat yang belum pernah berakting secara profesional sebelumnya.
Film ini adalah lelucon hangat, bertele-tele tentang beberapa pemabuk kikuk mengorganisir pesta pensiun untuk kepala pemadam kebakaran lokal, dan satir tiruan yang berani terhadap birokrasi Soviet yang korup dan tidak kompeten.
Pemerintah komunis tidak senang dengan aspek yang terakhir, dan The Firemen's Ball dilarang.

Siege (1969), Gilberto Tofano - Israel


Siege (atau 'Matzor') menceritakan kisah Tamar (Gila Almagor), seorang janda muda Israel yang cantik. Suaminya yang seorang penerjun payung terbunuh dalam Perang Enam Hari tahun 1967.
Kerabat dekat dan teman-temannya berharap dia memainkan peran publik sebagai seorang janda perang yang mulia dan terus berkabung selama sisa hidupnya. Tapi Tamar, dan film itu, menolak konvensi: dia ingin menemukan cinta dan kebahagiaan.
Hampir 50 tahun setelah pemutaran perdana di Cannes, film yang dipengaruhi genre New Wave klasik masih menjadi terobosan dalam bentuk dan kontennya: itu drama berwarna hitam putih dan potongan rekaman berita, dan pandangan perang dari perspektif korban yang bukan pejuang perang: perempuan yang selamat pada saat itu.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Bola Pelangi

    Bola Pelangi

    Patner Resmi